Label 3

Minggu, 23 Februari 2014

PILIHAN DIRI

PILIHAN DIRI

Banyak hal yang mempengaruhi seseorang dalam menentukan masa depannya. Termasuk menyangkut hal karier orang tersebut. Faktor tersebut meliputi faktor intern dan ekstern. Yang dapat dikatakan sebagai faktor intern adalah segala sesuatu yang dapat mempengaruhi yang asalnya dari dalam diri orang tersebut. Contohnya: minat, bakat, dan kemampuan yang dimiliki orang tersebut. Sedangkan faktor ekstern ialah segala sesuatu yang dapat mempengaruhi tingkah laku seseorang yang berasal dari luar diri individu tersebut. Contohnya: lingkungan keluarga, masyarakat, dan pendidikan.
Hal inilah yang dapat menjadi dasar bagi kita untuk menentukan pilihan mengenai karier masa depan. Tentu setiap orang menginginkan pekerjaan yang mapan dengan penghasilan yang menjanjikan. Namun segala sesuatunya tergantung pada pribadi orang tersebut masing-masing. Dalam menentukan pilihan kita hendaknya melihat seperti apa kapasitas dan kapabilitas diri kita. Jangan sampai nantinya kita salah memilih karier kita.
Dengan melihat kemampuan dan segala faktor yang saya miliki, saya ingin menjadi seorang wirausaha. Bukan tanpa alasan bagi saya memilih menjadi seorang wirausaha, namun saya memiliki beberapa alasan, antara lain:
·      Dengan menjadi seorang wirausaha kita bekerja mandiri dan mampu bedikari sehingga kita tidak bergantung pada orang lain.
·      Dengan berwirausaha kita akan mampu menciptakan lapangan kerja yang nantinya akan mengurangi tingginya pengangguuran di Indonesia saat ini.
·      Wirausaha merupakan karier yang sangat menjanjikan bagi kita maupun anak cucu kita nantinya. Karena sesungguhnya wirausahawan yang baik ialah wirausaha yang tidak hanya mencari keuntungan bagi dirinya melainkan ia juga harus mampu membangun aset untuk masa depannya.
·      Melihat latar pendidikan saya yang saat ini sedang menempuh jurusan ilmu administrasi negara sangatlah besar peluang saya untuk mengembangkan ilmu saya melalui wirausaha. karena dalam ilmu administrasi negara juga dipelajari masalah manajemen, ekonomi, dan tentunya teori mengenai kewirausahaan.
·      Alasan terakhir saya memilih menjadi seorang wirausahawan ialah wirausahawan akan minim sekali dengan hal yang namanya KKN (Korupsi, kolusi, Nepotisme). Sedangkan jika menjadi seorang PNS atau birokrat pemerintahan kita akan dekan dengan yang namanya KKN tersebut.
Melihat alasan-alasan saya tadi, memang tidak mudah bagi kita untuk menjadi seorang wirausahawan yang sukses. Banyak orang yang gagal dan merasa putus asa namun tidak sedikit pula orang yang tekun dan ulet mampu menjadi seorang wirausahawan yang sukses.
Jika ditanya mengenai jenis usaha apa yang ingin saya jalankan. Saya akan menjawab tentang usaha hiburan atau jasa, karena jika dilihat di masyarakat prospek ke depan mengenai dunia hiburan sangatlah tinggi. Banyak orang yang selalu mencari hiburan di tengah kesibukannya bekerja. Selain hiburan jenis usaha yang prospeknya cukup bagus ialah jasa. Berbicara mengenai hiburan banyak hal yang ingin saya wujudkan yakni membangun kolam renang atau lapangan futsal.
Bukan wirausaha jika tanpa adanya halangan atau rintangan. Halangan dan rintangan tersebut dapat menjadi hal yang baik bagi kita jika nantinya kita mampu menghadapi masalah tersebut.
Dalam berwirausaha juga dibutuhkan adanya inovasi dan kreatifitas dalam mengembangkan usaha mengikuti perkembangan jaman yang ada. Banyak pengusaha yang gagal atau gulung tikar di tengah jalan karena tersaingi oleh usaha lain yang lebih inovatif yang mampu menarik banyak konsumen. Jika nantinya saya menjadi seorang wirausahawan saya akan berusaha untuk selalu berinovasi dalam mengembangkan karier usaha saya. Supaya nantinya usaha saya dapat terus berkembang di tengah persaingan yang ketat dan kemajuan teknologi yang semakin pesat. Contohnya jika saya nanti memiliki usaha kolam renang saya akan memberi layanan wifi atau hotspot bagi pengunjung. Hal ini saya harapkan supaya mampu menarik pengunjung dari berbagai kalangan usia.

0 komentar

Posting Komentar

Popular Posts